BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam adagium ushuliyah dinyatakan bahwa : ”al-umuru
bimaqosidiha”, bahwa setiap tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada
tujuan atau rencana yang telah ditetapkan. Adagium ini menunjukan bahwa
pendidikan seharusnya berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai bukan
semata-mata berorientasi padasederetan materi. Karena itulah, tujuan pendidikan
Islam menjadi kompenen pendidikan yang harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum
merumuskan kompenen-kompenen pendidikan yang lain.
Tujuan merupakan standar usaha yang dapat ditentukan,
serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakan titik pangkal untuk
mencapai tujuan-tujuan lain. Disamping itu, tujuan dapat membatasi ruang gerak
usaha, agar kegitan dapat terfokus pada apa yang dicita-citakan, dan yang
terpenting lagi adalah dapat memberi penilaian atau evaluasi pada usaha-usaha
pendidikan.
Perumusan tujuan
pendidikan Islam harus berorientasi pada hakikat pendidikan yang meliputi
beberapa aspeknya, misalnya tentang:
1.
Tujuan dan tugas hidup manusia
2.
Memerhatikan sifat-sifat dasar (nature) manusia
3.
Tuntutan masyarakat
4.
Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian tujuan
pendidikan ?
2. Bagaimana aspek tujuan
pendidikan ?
3. Apakah fungsi tujuan
pendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Tujuan
pendidikan di Indonesia
1. Dalam UU. No. 2 thn
1985
Tujuan pendidikan yaitu
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mngembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yg
beriman dan bertakwa kpd Tuhan Yang maha Esa dan berbudi pekerti luhur,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian
yg mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan bangsa.
2. Menurut SK Menteri
PendidikanPengajaran dan Kebudayaan No. 104/Bhg.O tgl 1 Maret 1946
Rumusan tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan jiwa
patriotisme.
3. Menurut ketetapan MPRS
No. IV/MPRS/1973 tntang GBHN
Tujuan pendidikan Nasional sebagai berikut : pembangunan dibidang pendidikan didasarkan atas
falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia
pembangunan yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani
dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan
kreativitas dan tanggung jawab, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan
disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama
manusia.
4. Menurut TAP MPR No.
II/MPR/1993
Meningkatkan kualitas
manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap TuhanYang
Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh,
cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja profesional serta sehat
jasmani dan rohani. menurut UU Sisdiknas pasal 3 Thn 2003.§ pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
B. Aspek Tujuan pendidikan
1. Tujuan pendidikan
nasional
Tujuan pendidikan
nasional adalah suatu tujuan pendidikan suatu bangsa, dan bagi bangsa Indonesia
tujuan ini tertera dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 yang
berbunyi : pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabatdalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujua untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
2. Tujuan Institusional
Tujuan institusional
adalah tujuan pendidikan dari suatu jenjang, jalur dan jenis pendidikan
tertentu, seperti halnya jenjang pendidikan SD mempunyai tujuan pendidikan
tersendiri yang berbeda dengan tujuan pendidikan di SMP dan berbeda dengan
tujuan pendidikan di SMA, dan sterusnya.[1]
3. Tujuan Kurikuler
Tujuan Kurikuler adalah
Tujuan yang berhubungan dengan setiap bidang studi dalam arti rumusan tujuan
kurikuler adalah rumusan tujuan yang diharapkan tercapai setelah siswa
mempelajari bidang studi yang bersangkutan.
a.
Contoh tujuan kurikuler
untuk bidang studi IPA di SD berbunyi :
1)
Mengenal, memahami dan
mampu menggunakan konsep dasar IPA yang berguna atau praktis.
2)
Memiliki sikap ilmiah.
3)
Menghargai alam dan
penciptanya.
b.
Contoh tujuan kurikuler
untuk bidang studi fisika di SMU berbunyi :
1)
Siswa memahami konsep
atau sambil mengembangkan kemampuan bernalar dan berdiskusi.
2)
Siswa mapu melakukan
percobaan dan bernalar untuk memahami pemantulan dan pembiasan cahaya serta
menggunakan persamaan-persamaannya dan memecahkan permasalahan yang berkaitan
dengan optic.
3)
Siswa memahami struktur
inti dan aplikasinya sambil mengembangkan kemampuan berdiskusi dan bernalar.
4. Tujuan Pengajaran Umum
Tujuan pengajaran umum
merupakan penjabaran dari tujuan kurikuler yang kalau ditinjau dari cakupan
materinya meerupakan suatu tujuan untuk tujuan suatu pokok bahasan tertentu.[2]
Dalam merumuskan tujuan pengajaran umum ditentukan beberapa kriteria,
diantaranya :
a.
Beorientasi pada
siswa
b.
Merupakan hasil belajar
c.
Masih diperkenankan
memakai kata non-operasional
5. Tujuan pengajaran
khusus
Tujuan pengajaran
khusus adalah tujuan yang terkecil yang merupakan tujuan yang diharapkan
berkembang dan dirumuskan dengan kriteria yaitu :
a.
Merupakan penjambaran
tujuan pengajaran umum
b.
Merupakan indikator
terpilih dari tujuan pengajaran umum
c.
Dirumuskan sebagai
hasil belajar
d.
Memakai istilah-istilah
atau kata-kata operasional
e.
Spesifik
C. Sumber dan dasar
perumusan tujuan pendidikan
Sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan dibagi
menjadi 4, yaitu
1. Rumusan tujuan
pendidikan menurut UU No. 4 tahun 1950, tecatum dalam bab II pasal 3 yang
berbunyi “tujuan pendidikan dan pengajaran membentuk manusia susila yang cakap
dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan
masyarakat dan tanah air.
2. Rumusan tujuan pendidikan
menurut ketetapan MPR No.II tahun 1960 yang berbunyi tujuan pendidikan ialah
mendidik anak ke arah terbentuknya manusia yang berjiwa pancasila dan
bertanggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia yang adil
dan makmur material dan spiritual.
3. Rumusan tujuan
pendidikan menurut sistem pendidikan nasional pancasila dengan penetapan
Presiden no. 19 tahun 1965 yang berbunyi tujuan pendidikan nasional kita, baik
yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, dari pendidikan prasekolah
sampai pendidikan tinggi, supaya melahirkan warga negara sosialis Indonesia
yang susila, yang bertaggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis
Indonesia, adil dan makmur baik spiritual maupun material yang berjiwa
pancasila.
4. Rumusan tujuan
pendidkan menurut ketetapan MPRS No. 2 tahun 1960 yang berbunyi tujuan
pendidikan ialah membetuk manusia pancasialis sejati berdasarkan
ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
dan isi Undang-Undang Dasar 1945.
D. Jenis Tujuan Pendidikan
1. Tujuan pendidikan
nasional adalah manusia yang berjiwa pancasila.
2. Tujuan Kurikuler,
mencakup 3 ranah pendidikan (kognitif, afektif, dan psikomotorik).
3. Tujuan Institusional
ialah tujuan tiap lembaga pendidikan.
4. Tujuan
Instruksional,tujuan pokok bahasan atau sub pokok bahasan.
E. Fungsi Tujuan
Pendidikan
Fungsi tujuan pendidikan adalah memberikan arah kepada
segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh
segenap kegiatan pendidikan.[3]
Menurut ahmad D. Marimba, fungsi tujuan yaitu:
1.
Mengakhiri usaha.
2.
Mengarahkan usaha.
3.
Titik tolak untk
mncapai tujuan-tujuan lain.
4.
Memberi nilai pada
usaha-usaha tersebut.
F. Macam – Macam Tujuan
Pendidikan secara umum :
1. Tujuan umum Menurut
kohnstamm dan gunning
Tujuan umum pendidikan
adalah untuk membentuk insan kamil atau manusia sempurna. Sedangkan menurut ki
Hajar Dewantara, tujuan akhir pendidikan ialah agar anak sebagai manusia
(individu) dan sebagai anggota masyarakat (manusia sosial) , dapat mencapai
keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya.
2. Tujuan khusus
Tujuan Khusus adalah
tujuan – tujuan pendidikan yang telah disesuaikan dengan keadaan tertentu,
dalam rangka untuk mencapai tujuan umum pendidikan.
3. Tujuan tak lengkap
Tujuan tak lengkap
adalah tujuan dari masing – masing aspek pendidikan.
4. Tujuan insidental
Tujuan Insidential
adalah tujuan yang timbul secara kebetulan, Secara mendadak, misal tujuan untuk
mengadakan hiburan atau variasi dalam kehidupan sekolah.
5. Tujuan sementara
Tujuan sementara adalah
tujuan – tujuan yang ingin kita capai dalam fase – fase tertentu dari
pendidikan.
6. Tujuan perantara
Tujuan Perantara adalah
merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan-tujuan lain. Misal mempelajari bahasa guna mempelajari
literatur- literatur asing.[4]
G. Evaluasi Terhadap
Tujuan Pendidikan di Indonesia
Dua hal penting dan pokok yang harus segera dicarkan jalan keluar dalam evaluasi pendidikan di Indonesia yaitu masalah pemerataan pendidikan
dan biaya pendidikan. Setiap manusia berhak atas pendidikan dan pekerjaan yang layak, namun pada
kenyataannya hal tersebut belum tercapai sepenuhnya. Tahun 2012 perhatian di
bidang pendidikan memang bertambah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Namun bila dibandingkan dengan aspek-aspek lain, pendidikan masih belum menjadi
yang utama.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Tujuan pendidikan dibagi atas beberapa kelompok, yaitu menurut definisi
tujuan pendidikan, aspek tujuan pendidikan, sumber dan dasar perumusan tujuan
pendidikan, jenis tujuan pendidikan, fungsi tujuan pendidikan, dan macam-macam
tujuan pendidikan secara umum. Pendidikan memiliki tujuan pokok yang tertera
dalam pembukaan Undang-undang dasar alinea ke empat yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa. Setiap rakyat Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan
pendidikan yang layak, namun hal itu belum bisa terwujud sepenuhnya karena
adanya kendala yang belum teratasi.
B.
Saran
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para
pembaca terutama pada dosen mata kuiah ini, agar dapat pembuatan makalah
selanjutnya menjadi lebih baik. Atas kritik dan saranya, penulis ucapkan terima
kasih.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur Saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karuania-Nya
sehingga saya sebagai penyusun dapat menyelesaikan tugas Makalah ini.
Saya
sebagai penyusun mengharapkan semoga Makalah ini dapat membantu pembaca dalam
mempelajari Pembahasan Makalah tentang Tujuan Pendidikan yang disusun ini, saya
sebagai penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari sempurna,
Maka
untuk itu keritik dan saran senantiasa penyusun harapkan, semoga Makalah ini
bermanfaat.
Bengkulu, Juni
2015
Penyusun .
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL..............................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang............................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah....................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Definisi Tujuan pendidikan di Indonesia
................................... 2
B. Aspek Tujuan pendidikan........................................................... 3
C. Sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan........................ 5
D. Fungsi Tujuan Pendidikan........................................................... 5
E. Macam – Macam Tujuan Pendidikan secara
umum.................... 6
F. Jenis Tujuan Pendidikan.............................................................. 6
G. Evaluasi Terhadap Tujuan Pendidikan di
Indonesia................... 7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................. 8
B. Kritik
dan Saran.......................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA
|
MAKALAH
DASAR-DASAR
PENDIDIKAN
TUJUAN
PENDIDIKAN
Disusun
Oleh:
Ahmad Qodriza
Dosen Pengampuh :
Ahmad Suradi, M.Pd
PROGRAM STUDI PGMI
FAKULTAR TARBIYAH DAN TADRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
BENGKULU
2015
Pilihan Situs Judi Online | Slot Online Konsep One Stop Betting
BalasHapusParlay, Sportsbook, Poker, 온카지노 Dine, 더킹카지노 Dine · Casino · Poker bk8 · Poker Online · Online.
Casino Tycoon: Casino Tycoon - Jordan10 Retro Outlet
BalasHapusEnjoy casino Tycoon: Casino Tycoon for air jordan 18 retro men red free shipping free, without the need for registration air jordan 18 retro racer blue to good site or air jordan 18 retro varsity red order registration. To show air jordan 18 stockx play on your own, good air jordan 18 retro red you must