Rabu, 24 Juni 2015

Makalah tujuan pendidikan



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam adagium ushuliyah dinyatakan bahwa : ”al-umuru bimaqosidiha”, bahwa setiap tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah ditetapkan. Adagium ini menunjukan bahwa pendidikan seharusnya berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai bukan semata-mata berorientasi padasederetan materi. Karena itulah, tujuan pendidikan Islam menjadi kompenen pendidikan yang harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum merumuskan kompenen-kompenen pendidikan yang lain.
Tujuan merupakan standar usaha yang dapat ditentukan, serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakan titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain. Disamping itu, tujuan dapat membatasi ruang gerak usaha, agar kegitan dapat terfokus pada apa yang dicita-citakan, dan yang terpenting lagi adalah dapat memberi penilaian atau evaluasi pada usaha-usaha pendidikan.
Perumusan tujuan pendidikan Islam harus berorientasi pada hakikat pendidikan yang meliputi beberapa aspeknya, misalnya tentang:
1.    Tujuan dan tugas hidup manusia
2.    Memerhatikan sifat-sifat dasar (nature) manusia
3.    Tuntutan masyarakat
4.    Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian tujuan pendidikan ?
2.      Bagaimana aspek tujuan pendidikan ?
3.      Apakah fungsi tujuan pendidikan ?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi Tujuan pendidikan di Indonesia
1.      Dalam UU. No. 2 thn 1985
Tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mngembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yg beriman dan bertakwa kpd Tuhan Yang maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yg mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan bangsa.
2.      Menurut SK Menteri PendidikanPengajaran dan Kebudayaan No. 104/Bhg.O tgl 1 Maret 1946
Rumusan tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme.
3.      Menurut ketetapan MPRS No. IV/MPRS/1973 tntang GBHN
Tujuan pendidikan Nasional sebagai berikut : pembangunan dibidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia.
4.      Menurut TAP MPR No. II/MPR/1993
Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap TuhanYang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani. menurut UU Sisdiknas pasal 3 Thn 2003.§ pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

B.     Aspek Tujuan pendidikan
1.      Tujuan pendidikan nasional
Tujuan pendidikan nasional adalah suatu tujuan pendidikan suatu bangsa, dan bagi bangsa Indonesia tujuan ini tertera dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 yang berbunyi : pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabatdalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujua untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2.      Tujuan Institusional
Tujuan institusional adalah tujuan pendidikan dari suatu jenjang, jalur dan jenis pendidikan tertentu, seperti halnya jenjang pendidikan SD mempunyai tujuan pendidikan tersendiri yang berbeda dengan tujuan pendidikan di SMP dan berbeda dengan tujuan pendidikan di SMA, dan sterusnya.[1]

3.      Tujuan Kurikuler
Tujuan Kurikuler adalah Tujuan yang berhubungan dengan setiap bidang studi dalam arti rumusan tujuan kurikuler adalah rumusan tujuan yang diharapkan tercapai setelah siswa mempelajari bidang studi yang bersangkutan.
a.       Contoh tujuan kurikuler untuk bidang studi IPA di SD berbunyi :
1)      Mengenal, memahami dan mampu menggunakan konsep dasar IPA yang berguna atau praktis.
2)      Memiliki sikap ilmiah.
3)      Menghargai alam dan penciptanya.
b.      Contoh tujuan kurikuler untuk bidang studi fisika di SMU berbunyi :
1)      Siswa memahami konsep atau sambil mengembangkan kemampuan bernalar dan berdiskusi.
2)      Siswa mapu melakukan percobaan dan bernalar untuk memahami pemantulan dan pembiasan cahaya serta menggunakan persamaan-persamaannya dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan optic.
3)      Siswa memahami struktur inti dan aplikasinya sambil mengembangkan kemampuan berdiskusi dan bernalar.

4.      Tujuan Pengajaran Umum
Tujuan pengajaran umum merupakan penjabaran dari tujuan kurikuler yang kalau ditinjau dari cakupan materinya meerupakan suatu tujuan untuk tujuan suatu pokok bahasan tertentu.[2] Dalam merumuskan tujuan pengajaran umum ditentukan beberapa kriteria, diantaranya :
a.       Beorientasi  pada siswa
b.      Merupakan hasil belajar
c.       Masih diperkenankan memakai kata non-operasional

5.      Tujuan pengajaran khusus
Tujuan pengajaran khusus adalah tujuan yang terkecil yang merupakan tujuan yang diharapkan berkembang dan dirumuskan dengan kriteria yaitu :
a.       Merupakan penjambaran tujuan pengajaran umum
b.      Merupakan indikator terpilih dari tujuan pengajaran umum
c.       Dirumuskan sebagai hasil belajar
d.      Memakai istilah-istilah atau kata-kata operasional
e.       Spesifik

C.    Sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan
Sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan dibagi menjadi 4, yaitu
1.      Rumusan tujuan pendidikan menurut UU No. 4 tahun 1950, tecatum dalam bab II pasal 3 yang berbunyi “tujuan pendidikan dan pengajaran membentuk manusia susila yang cakap dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.
2.      Rumusan tujuan pendidikan menurut ketetapan MPR No.II tahun 1960 yang berbunyi tujuan pendidikan ialah mendidik anak ke arah terbentuknya manusia yang berjiwa pancasila dan bertanggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia yang adil dan makmur material dan spiritual.
3.      Rumusan tujuan pendidikan menurut sistem pendidikan nasional pancasila dengan penetapan Presiden no. 19 tahun 1965 yang berbunyi tujuan pendidikan nasional kita, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, dari pendidikan prasekolah sampai pendidikan tinggi, supaya melahirkan warga negara sosialis Indonesia yang susila, yang bertaggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia, adil dan makmur baik spiritual maupun material yang berjiwa pancasila.
4.      Rumusan tujuan pendidkan menurut ketetapan MPRS No. 2 tahun 1960 yang berbunyi tujuan pendidikan ialah membetuk manusia pancasialis sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan isi Undang-Undang Dasar 1945.

D.    Jenis Tujuan Pendidikan
1.      Tujuan pendidikan nasional adalah manusia yang berjiwa pancasila.
2.      Tujuan Kurikuler, mencakup 3 ranah pendidikan (kognitif, afektif, dan psikomotorik).
3.      Tujuan Institusional ialah tujuan tiap lembaga pendidikan.
4.      Tujuan Instruksional,tujuan pokok bahasan atau sub pokok bahasan.

E.     Fungsi Tujuan Pendidikan
Fungsi tujuan pendidikan adalah memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan.[3]
Menurut ahmad D. Marimba, fungsi tujuan yaitu:
1.      Mengakhiri usaha.
2.      Mengarahkan usaha.
3.      Titik tolak untk mncapai tujuan-tujuan lain.
4.      Memberi nilai pada usaha-usaha tersebut.

F.     Macam – Macam Tujuan Pendidikan secara umum :
1.      Tujuan umum Menurut kohnstamm dan gunning
 Tujuan umum pendidikan adalah untuk membentuk insan kamil atau manusia sempurna. Sedangkan menurut ki Hajar Dewantara, tujuan akhir pendidikan ialah agar anak sebagai manusia (individu) dan sebagai anggota masyarakat (manusia sosial) , dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya.

2.      Tujuan khusus
Tujuan Khusus adalah tujuan – tujuan pendidikan yang telah disesuaikan dengan keadaan tertentu, dalam rangka untuk mencapai tujuan umum pendidikan.

3.      Tujuan tak lengkap
Tujuan tak lengkap adalah tujuan dari masing – masing aspek pendidikan.


4.      Tujuan insidental
Tujuan Insidential adalah tujuan yang timbul secara kebetulan, Secara mendadak, misal tujuan untuk mengadakan hiburan atau variasi dalam kehidupan sekolah.
5.      Tujuan sementara
Tujuan sementara adalah tujuan – tujuan yang ingin kita capai dalam fase – fase tertentu dari pendidikan.

6.      Tujuan perantara
Tujuan Perantara adalah merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan-tujuan lain. Misal mempelajari bahasa guna mempelajari literatur- literatur asing.[4]

G.    Evaluasi Terhadap Tujuan Pendidikan di Indonesia
      Dua hal penting dan pokok yang harus segera dicarkan jalan keluar dalam evaluasi pendidikan di Indonesia yaitu masalah pemerataan pendidikan dan biaya pendidikan. Setiap manusia berhak atas pendidikan dan pekerjaan yang layak, namun pada kenyataannya hal tersebut belum tercapai sepenuhnya. Tahun 2012 perhatian di bidang pendidikan memang bertambah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan aspek-aspek lain, pendidikan masih belum menjadi yang utama.[5]








BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Tujuan pendidikan dibagi atas beberapa kelompok, yaitu menurut definisi tujuan pendidikan, aspek tujuan pendidikan, sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan, jenis tujuan pendidikan, fungsi tujuan pendidikan, dan macam-macam tujuan pendidikan secara umum. Pendidikan memiliki tujuan pokok yang tertera dalam pembukaan Undang-undang dasar alinea ke empat yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap rakyat Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, namun hal itu belum bisa terwujud sepenuhnya karena adanya kendala yang belum teratasi.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca terutama pada dosen mata kuiah ini, agar dapat pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Atas kritik dan saranya, penulis ucapkan terima kasih.



KATA PENGANTAR

Puji syukur Saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karuania-Nya sehingga saya sebagai penyusun dapat menyelesaikan tugas Makalah ini.
Saya sebagai penyusun mengharapkan semoga Makalah ini dapat membantu pembaca dalam mempelajari Pembahasan Makalah tentang Tujuan Pendidikan yang disusun ini, saya sebagai penulis menyadari, Makalah ini masih jauh dari sempurna,
Maka untuk itu keritik dan saran senantiasa penyusun harapkan, semoga Makalah ini bermanfaat.


                                                                            Bengkulu,    Juni  2015



                                                                  Penyusun       .













i
 
 
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..............................................................................              
KATA PENGANTAR............................................................................              i
DAFTAR ISI..........................................................................................             ii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................             1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................             1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Definisi Tujuan pendidikan di Indonesia ...................................             2
B.     Aspek Tujuan pendidikan...........................................................             3
C.     Sumber dan dasar perumusan tujuan pendidikan........................             5
D.    Fungsi Tujuan Pendidikan...........................................................             5
E.     Macam – Macam Tujuan Pendidikan secara umum....................             6
F.      Jenis Tujuan Pendidikan..............................................................             6
G.    Evaluasi Terhadap Tujuan Pendidikan di Indonesia...................             7

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................             8
B.     Kritik dan Saran..........................................................................             8

DAFTAR PUSTAKA








ii
 
 


MAKALAH
DASAR-DASAR PENDIDIKAN
TUJUAN PENDIDIKAN
yang baru iain.jpg


Disusun Oleh:
Ahmad Qodriza


Dosen Pengampuh :
Ahmad Suradi, M.Pd


PROGRAM STUDI PGMI
FAKULTAR TARBIYAH DAN TADRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
BENGKULU
2015


[1] Wahab, Rochmad. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta : CV Aswaja Pressindo, hlm 52
[2] Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta Anonim. 2010, hlm 87
[3] M. Arif AM. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri:STAIN Kediri Press Pidarta, hlm 94
[4] Ibid hlm 95
[5] Ibid hlm 95

2 komentar:

  1. Pilihan Situs Judi Online | Slot Online Konsep One Stop Betting
    Parlay, Sportsbook, Poker, 온카지노 Dine, 더킹카지노 Dine · Casino · Poker bk8 · Poker Online · Online.

    BalasHapus
  2. Casino Tycoon: Casino Tycoon - Jordan10 Retro Outlet
    Enjoy casino Tycoon: Casino Tycoon for air jordan 18 retro men red free shipping free, without the need for registration air jordan 18 retro racer blue to good site or air jordan 18 retro varsity red order registration. To show air jordan 18 stockx play on your own, good air jordan 18 retro red you must

    BalasHapus